Kisi – kisi soal semester iI
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : VII ( Tujuh ) II
Kompetensi Inti :
1. Memahami sejarah Nabi Muhammad Saw
2. Membiasakan perilaku terpuji
3.
Meningkatkan keimanan kepada Malaikat
4. Memahami tatacara salat Jum’at
5. Memahami tatacara salat Jamak dan Qasar
6. Memahami sikap terpuji Khulafaur
Rasyidin
NO
|
KOMPTENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
BENTUK
SOAL
|
NO
SOAL
|
SOAL
|
KUNCI JAWABAN
|
SKOR
|
KKM
|
1
|
11.1 Menjelaskan
misi Nabi Muhammad Saw. untuk menyempur-nakan akhlak, membangun manusia mulia
dan bermanfaat.
1.2 Menjelaskan
misi Nabi Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian,
kesejahtera-an, dan kemajuan masyarakat.
1.3 Meneladani perjuangan Nabi Muhammad Saw. dan para sahabat
dalam menghadapi masyarakat Makkah.
|
Siswa dapat memilih nama Paman Nabi Muhammad
saw. Yang mendukung perjuangan dakwahnya
|
PG
|
1
|
Paman Nabi Muhammad saw. Yang mendukung
perjuangan Rasulullah saw. Dalam menyiarkan Islam adalah......
a.
Abu Talib c. Abu Jahal
b.
Abu Lahab d. Abu sufyan
|
a
|
1
|
70
|
Siswa dapat memilih nama wanita Quraisy yang
menentang dakwah Islam
|
PG
|
2
|
Berikut ini wanita Quraisy yang menentang
dakwah Islam adalah....
a.
Khadijah
c. Umul Jamil
b.
Maimunah
d. Halimatus Sa’diyah
|
c
|
1
|
|||
Siswa dapat mengetahui jumlah pengikut Nabi
ketika dakwah secara sembunyi-sembunyi
|
PG
|
3
|
Selama tiga tahun Nabi Muhammad saw.
Berdakwah secara sembunyi-sembunyi. Beliau mendapat pengikut sebayak........
orang.
a.
40 c. 30
b.
39 d. 50
|
b
|
1
|
|||
Siswa dapat mengetahui gelar Nabi ketika
berumur 35 tahun
|
PG
|
4
|
Pada saat Nabi berumur 35 tahun, penduduk
mekah memberi gelar Nabi dengan......
a.
As-Siddiq c. Al-Muballig
b.
Al-Amin d. Al-Fatani
|
b
|
1
|
|||
Siswa dapat mengetahui tahun Nabi hijrah
dari Mekah ke Madinah
|
PG
|
5
|
Nabi hijrah dari Mekah ke Madinah pada
tahun.....
a.
571 M c. 10 kerasulan
b.
5 Hijriyah d. 13 kerasulan
|
d
|
1
|
|||
Siswa dapat mengetahui orang yang menemani Nabi dakwah
ke taif
|
PG
|
6
|
Nabi Muhammad saw. Berdakwah ke Taif
ditemani oleh budaknya yang bernama......
a.
Zaid bin Harisah c. Salman
b.
Bilal d. Arqam
|
a
|
1
|
|||
Siswa dapat menyebutkan asli penduduk madinah
|
PG
|
7
|
Sahabat-sahabat Nabi saw. Asli penduduk
Madinah disebut sahabat.....
a.
Taif c. Muhajirin
b.
Madani d. Ansar
|
d
|
1
|
|||
Siswa dapat
mengetahui tanggal lahirnya Nabi Muhammad saw
|
Isian
|
1
|
Nabi Muhammad saw. Dilahirkan pada
tanggal......
|
12 Rabiulawal
|
2
|
|||
Siswa dapat
mengetahui nama budak abu lahab yang pertama kali menyusui Nabi
Muhammad saw
|
Isian
|
2
|
Pertama kali Nabi Muhammad saw. Disusui oleh
budak Abu Lahab bernma.....
|
Tsuwaibah
|
2
|
|||
Siswa dapat
menulis nama-nama orang Assabiqunal Awwalun
|
Uraian
|
1
|
Tuliskan lima orang yang termasuk Assabiqunal
Awwalun !
|
Khadijah, Abu Bakar, Ali bin Abi Talib, Zaid
bin Harisah, Arqam bin Arqam.
|
3
|
|||
2
|
2.1.Menjelaskan arti jujur, amanah, istiqomah .
2.2.Menampilkan contoh perilaku arti jujur, amanah,
istiqomah .
2. 3 Membiasakan perilaku arti jujur, amanah, istiqomah.
|
Siswa dapat
mengetahui arti dari firman Allah yang bergaris bawah
|
PG
|
8
|
Firman Allah Swt. وَالْعَافِيْنَ عَنِ النَّاسِ
Lafal yang bergaris bawah dari potongan
firman Allah di atas artinya……
a.
Mereka
yang berinfaq
b.
Mereka
yang memaafkan
c.
Mereka
yang bersabar
d.
Mereka
yang berbuat kebaikan
|
b
|
1
|
|
Siswa dapat
mengetahui arti dari hadis Nabi yang bergaris bawah
|
PG
|
9
|
اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِقَوْمِيْ فَاِنَّهُمْ
لاَيَعْلَمُونَ
Arti kata yang bergaris bawah pada hadis
Nabi saw. Tersebut di atas adalah.......
a.
Lindungilah
c. Kabulkanlah
b.
Hancurkanlah
d. Ampunilah
|
d
|
1
|
|||
Siswa dapat
mengetahui ciri-ciri sifat-sifat orang yang bertakwa
|
PG
|
10
|
Berikut ini merupakan sifat-sifat orang yang
bertakwa, kecuali.....
a.
Suka berinfak
b.
Suka menahan marah
c.
Kadang-kadang marah
d.
Suka memaafkan orang lain
|
c
|
1
|
|||
Siswa dapat
memilih ayat yang mengandung bacaan iqlab
|
PG
|
11
|
Potongan ayat berikut yang mengandung bacaan
iqlab adalah....
a.
اَمَنْتُمْ
b.
اَجْراً عَظِيْمًا
c.
سَمِيْعًا بَصِيْرًا
d.
عَذَابٌ اَلِيْمٌ
|
c
|
1
|
|||
3
|
3.1 Menjelaskan arti beriman kepada Malaikat.
3.2 Menjelaskan tugas-tugas Malaikat.
|
Siswa dapat
mengetahui urutan rukun yang ke dua
|
PG
|
12
|
Iman kepada malaikat adalah rukun iman yang .....
a.
Pertama c. ketiga
b.
Kedua d. keempat
|
b
|
1
|
|
Siswa dapat
mengetahui nama malaikat yang bertugas meniup terompet
|
PG
|
13
|
Meniup terompet pada hari kiamat adalah
tugas malaikat....
a.
Jibril c. Izrail
b.
Israfil d. Malik
|
b
|
1
|
|||
Siswa dapat
mengetahui nama malaikat yang bertugas menyampaikan wahyu
|
PG
|
14
|
Allah Swt. Memberi wahyu kepada para nabi
dan rasul dengan perantara Malaikat......
a.
Malik c. Ridwan
b.
Jibril d. Mikail
|
b
|
1
|
|||
Siswa dapat
mengetahui nama malaikat yang bertugas mencatat amal baik dan amal
buruk
|
PG
|
15
|
Setiap langkah dan perbuatan manusia di
dunia ini tidak akan pernah terlepas dari catatan Malaikat.......
a.
Jibril c. Raqib dan Atid
b.
Mikail d. Munkar dan Nakir
|
c
|
1
|
|||
Siswa dapat
mengetahui nama malaikat yang bertugas
menayai di dalam kubur
|
PG
|
16
|
Setelah mayat dikubur dan ditinggalkan oleh
pelayat, ia akan berhadapan dengan Malaikat.....
a.
Jibril c. Munkar dan Nakir
b.
Mikail d. Raqib dan Atid
|
c
|
1
|
|||
Siswa dapat
mengetahui nama malaikat yang bertugas mengatur rezeki
|
Isian
|
3
|
Mengatur rezeki adalah tugas malaikat.....
|
Mikail
|
2
|
|||
Siswa dapat
mengetahui nama lain dari malaikat malik
|
Isian
|
4
|
Malaikat Malik juga dinamakan dengan
Malaikat........
|
Zabaniyah
|
2
|
|||
Siswa dapat
menuliskan sifat-sifat malaikat
|
uraian
|
2
|
Tuliskan sifat-sifat malaikat ?
|
Selalu taat melaksanakan perintah Allah dan
menjauhi laranggannya
|
3
|
|||
Siswa dapat
menuliskan fungsi iman kepada malaikat
|
Uraian
|
3
|
Tuliskan fungsi iman kepada malaikat
|
Dengan beriman dengan malaikat, maka iman
seseorang menjadi semakin kukuh dan bertindak berhati-berhati
|
3
|
|||
4
|
4.1. Menjelaskan ketentuan-ketentuan shalat
Jum’at.
4.2.Mempraktikkan shalat Jum’at.
|
Siswa dapat
memilih jawaban yang tidak termasuk dari syarat wajib salat jum’at
|
PG
|
17
|
Berikut ini yang tidak termasuk syarat wajib
salat jum’at adalah.....
a.
Islam
c. Berakal sehat
b.
Balig/dewasa
d. Menyisir rambut
|
d
|
1
|
|
Siswa dapat
mengetahui nama ayat al-qur’an yang memerintahkan untuk salat jum’at
|
PG
|
18
|
Perintah salat jum’at disebutkan dalam Al-Qur’an
pada surah......
a.
Al-baqorah ayat 5
b.
At-taubah ayat 1
c.
Al-qoriah ayat 1
d.
Al-jumu’ah ayat 9
|
d
|
1
|
|||
Siswa dapat
mengetahui Hal-hal yang sunah pada salat jum’at
|
PG
|
19
|
Hal-hal yang berikut ini yang tidak termasuk
sunah salat jum’at adalah.....
a.
Mandi
b.
Memotong kukuh
c.
Berakal sehat
d.
Memakai wangi-wangian
|
c
|
1
|
|||
Siswa dapat
mengetahui syarat-syarat khutbah
|
PG
|
20
|
Duduk diantara dua khotbah termasuk.......
khotbah jum’at.
a.
Syarat
c. sunah
b.
Rukun
d. bagian
|
a
|
1
|
|||
Siswa dapat
mengetahui hal-hal yang dilakukan pada khobah ke dua
|
PG
|
21
|
Mendoakan mukminin dan muslimin dalam
khotbah jum’at dilakukan pada.......
a.
Khotbah pertama
b.
Khotbah kedua
c.
Di antara khotbah
d.
Sebelum mambaca hamdalah
|
b
|
1
|
|||
Siswa dapat
mengetahui waktu salat jum’at
|
PG
|
22
|
Salat jum’at dilaksanakan pada waktu....
a.
Duha
c. Asar
b.
Zuhur
d. Siang
|
b
|
1
|
|||
Siswa dapat
mengetahui hikmah dari salat jum’at
|
PG
|
23
|
Mempererat ukhuwah islamiyyah merupakan slah
satu.......salat jum’at.
a.
Fungsi c. Sunah
b.
Syarat
d. Rukun
|
a
|
1
|
|||
Siswa dapat
mengetahui dari rukun khotbah
|
PG
|
24
|
Membaca selawat Nabi Muhammad saw. Didalam
khotbah jum’at termasuk salat satu.....
a.
Rukun
c. Syarat
b.
Sunah
d. Hikmah
|
a
|
1
|
|||
Siswa dapat
mengetahui hal-hal yang menghalangi salat jum’at
|
PG
|
25
|
Berikut ini termasuk hal-hal yang menjadikan
halangan salat jum’at, kecuali......
a.
Sakit berat
b.
Hujan lebat
c.
Ada tamu
d.
Musafir
|
c
|
1
|
|||
Siswa dapat
mengetahui hukum salat jum’at
|
Isian
|
5
|
Salat jum’at itu hukumnya......
|
Wajib
|
2
|
|||
Siswa dapat
mengetahui syarat – syarat khatib
|
Isian
|
6
|
Seorang khatib salat jum’at harus suci dari
hadas dan......
|
Najis
|
2
|
|||
Siswa dapat
menuliskan 3 syarat sahnya salat jum’at
|
Uraian
|
4
|
Tuliskan tiga syarat sahnya salat jum’at
|
Dilaksanakan di masjid, di laksanakan secara
berjama’ah, dilaksanakan pada waktu zuhur
|
3
|
|||
5
|
5.1. Menjelaskan ketentuan-ketentuan shalat
Jamak dan salat Qasar.
5.2.Mempraktikkan shalat Jamak dan salat
Qasar.
|
Siswa dapat
mengetahui salat-salat yang dijamak
|
PG
|
26
|
Salat-salat di bawah ini yang dapat dijamak
adalah......
a.
Subuh dengan zuhur
b.
Asar dengan magrib
c.
Zuhur dengan asar
d.
Isya dengan subuh
|
c
|
1
|
|
Siswa dapat
mengetahui salat yang boleh
diqasar
|
PG
|
27
|
Berikut ini adalah salat yang dapat diqasar,
kecuali......
a.
Asar
c. Magrib
b.
Isya
d. Zuhur
|
c
|
1
|
|||
Siswa dapat
mengetahui penegertian dari salat jamak qasar
|
PG
|
28
|
Melaksanakan salat Zuhur dan Asar, masing-masing dikerjakan
dua rakaat adalah pengertian salat......
a.
Jamak
b.
Qasar
c.
Jamak Takdim
d.
Jamak Qasar
|
d
|
1
|
|||
Siswa dapat
mengetahui kondisi yang membolehkan salat dijamak dan diqasar
|
PG
|
29
|
Syariat yang membolehkan seseorang menjamak
atau mengqasar salat dalam kondisi
tertentu disebut....
a.
Raudah c. Riyadah
b.
Rahman d. Rukhsah
|
d
|
1
|
|||
Siswa dapat
mengetahui dali tentang salat jum’at
|
PG
|
30
|
Dalil tentang salat Qasar tercantum dalam
Surah.......
a.
An-Nisa : 101
b.
Al-Asr : 2
c.
An-Nahl : 1
d.
Al-Baqarah : 10
|
a
|
1
|
|||
Siswa dapat
mengetahui sebab-sebab melakukan salat Jamak atau Qasar
|
PG
|
31
|
Di antara sebab-sebab dibolehkannya
melakukan salat Jamak atau Qasar adalah.....
a.
Musafir
c. Sibuk
b.
Lupa
d. Tidur lelap
|
a
|
1
|
|||
Siswa dapat
mengetahui tatacara salat jamak takdim
|
Isian
|
7
|
Salat Isya dikerjakan pada waktu megrib
disebut jamak......
|
Takdim
|
2
|
|||
Siswa dapat
mengetahuisalat yang tidak boleh dijamak dan qasar
|
Isian
|
8
|
Salat yang tidak boleh dijamak dan qasar
adalah salat.....
|
Subuh
|
2
|
|||
Siswa dapat
menjelaskan pengertian salat jamak
|
Uraian
|
5
|
Jelaskan pengertian salat jamak!
|
Adalah salat yang dikumpulkan atau digabung
dari dua salat fardu dikerjakan dalalm satu waktu
|
3
|
|||
6
|
6
1. Menjelaskan misi Khulafaur Rasyidin.
6.2. Meneladani perjuangan Khulafaur
Rasyidin.
|
Siswa dapat
mengetahui arti dari khalifah
|
PG
|
32
|
Kata khalifah itu artinya pemimpin atau....
a.
Pasukan
c. Pengganti
b.
Teman
d. Pemerintah
|
c
|
1
|
|
Siswa dapat
mengetahui sahabat yang mengusulakn al-quran untuk dihimpun
|
PG
|
33
|
Pada saat Abu Bakar as-Siddiq menjadi
khalifah, Al-Qur’an mulai dihimpun, hal itu atas usulan dari sahabat......
a.
Zaid bin Stabit
b.
Usman bin Affan
c.
Umar bin Khattab
d.
Ali bin Abi Thalib
|
c
|
1
|
|||
Siswa dapat
mengetahui nama budak yang membunuh Khalifah Umar bin Khattab
|
PG
|
34
|
Khalifah Umar bin Khattab meninggal karena
dibunuh oleh budak persia yang bernama....
a.
Abu jahal
b.
Abu lu’lu’ah
c.
Abu hurairah
d.
abu lahab
|
b
|
1
|
|||
Siswa dapat
mengetahui arti dari zunnuraini
|
PG
|
35
|
Usman bin Affan diberi gelar ”zunnuraini”
yang artinya yang mempunyai......
a.
Satu cahaya
b.
Dua cahaya
c.
Tiga cahaya
d.
Banyak cahaya
|
b
|
1
|
|||
Siswa dapat
mengetahui salah satu jasa-jasa Usman bin Affan
|
Isian
|
9
|
Di antara jasa-jasa Usman bin Affan adalah
penulisan dan penggandaan Al-Qur’an yang bisa disebut dengan......
|
Mushaf Usman
|
2
|
|||
Siswa dapat mengetahui julukan Khalifah Ali bin Abi Thalib
|
Isian
|
10
|
Khalifah Ali bin Abi Thalib mendapat julukan
Asaddullah artinya.....
|
Singa Allah
|
2
|
Mengetahui Palembang, Mei 2015
Kepala SMP IT Harapan Mulia Guru Bidang Studi
Eni Ambarwati, S.Psi Karta Sasmita,S.Pd .I
Kambi - online casino for sale in Thackerville, IN - Advertisements
BalasHapusKambi.com offers casino gaming in Thackerville, IN. Find worrione many great new & used 인카지노 options and get the best deals for Kambi - kadangpintar online casino at